6 Obat Sakit Gusi Alami yang Mudah Didapatkan di Rumah

Obat sakit gusi alami bisa Anda gunakan sebagai langkah pertama atau penanganan darurat untuk meredakan radang gusi. Setelah meredakan keluhan dengan obat sakit gusi alami, Anda tetap disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter gigi untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Radang gusi dapat disebabkan oleh kurang terjaganya kesehatan dan kebersihan gigi. Kondisi ini bermula dari timbulnya plak gigi yang kemudian menjadi karang gigi. Plak dan karang gigi yang menumpuk dapat meningkatkan risiko terjadinya iritasi pada gusi, yaitu gusi mudah berdarah, sakit, dan bengkak.

Obat Sakit Gusi Alami

Guna meredakan radang gusi, berikut ini adalah obat sakit gusi alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah:

1. Larutan baking soda

Baking soda tidak hanya digunakan untuk membuat kue. Jika dicampurkan dengan air, bahan ini juga bisa dijadikan obat sakit gusi. Menyikat gigi dengan campuran baking soda dapat menetralisir asam di dalam mulut yang menjadi penyebab masalah gusi.

2. Larutan garam

Campurkan ½ atau ¾ sendok teh garam dengan segelas air hangat. Gunakan larutan ini untuk berkumur 2–3 kali sehari selama 30 detik. Garam yang dilarutkan dalam air hangat dipercaya dapat membunuh bakteri, mengurangi peradangan, dan mengempeskan gusi yang bengkak.

Tapi, terlalu sering berkumur dengan campuran air garam juga tidak baik karena dapat mengikis enamel gigi. Jadi, pastikan Anda tidak berkumur dengan obat sakit gusi ini secara berlebihan.

3. Minyak serai dan cengkeh

Penelitian mengungkapkan bahwa minyak serai dan cengkeh efektif dalam mengurangi plak dan meredakan radang gusi. Caranya, larutkan 2–3 tetes minyak serai atau cengkeh ke dalam segelas air. Lalu berkumurlah dengan obat sakit gusi ini 2–3 kali sehari selama 30 detik.

4. Teh hijau

Kandungan antioksidan dalam teh hijau bermanfaat untuk mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Oleh karena itu, minum teh hijau dipercaya dapat menjadi obat sakit gusi.

5. Rebusan daun jambu biji

Rebusan daun jambu biji juga dipercaya bisa menajdi obat sakit gusi. Caranya, tumbuk 5 atau 6 lembar daun jambu biji muda, kemudian masukkan ke dalam air mendidih dan rebus selama 15 menit.

Biarkan larutan sampai dingin, lalu tambahkan sedikit garam. Gunakan ramuan ini untuk berkumur 2–3 kali sehari selama 30 detik.

6. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang bersifat antibakteri dan antiradang. Studi menemukan bahwa minyak kelapa dapat mengurangi plak dan meredakan sakit gusi.

Anda dapat mengoleskan minyak kelapa murni di gusi yang sakit dan biarkan selama 20–30 menit. Usahakan agar minyak kelapa tidak tertelan, lalu berkumurlah dengan air. Lanjutkan dengan minum segelas air dan menyikat gigi seperti biasa.

Bila obat sakit gusi di atas tidak bisa mengatasi nyeri yang Anda alami, periksakan diri ke dokter gigi untuk mendapat penanganan yang tepat.

Agar Anda tidak menderita radang gusi, rajin-rajinlah menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride, lalu lanjutkan dengan membersihkan mengguanakan benang gigi. Selain itu, minumlah air putih yang cukup, hindari makanan atau minuman yang terlalu dingin atau panas, serta berhenti merokok.

Trending

- Advertisement -
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini