LSM Lira Somasi PLTU Paiton Usai Adanya Kecelakaan Kerja

ProbolinggoPro | AndoraNews: Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kabupaten Probolinggo, melayangkan surat somasi kepada PT PLN Nusantara Power UP PLTU Paiton, Jum’at (29/9/2023). Somasi ini merupakan yang kedua kalinya dilayangkan.

Somasi ini buntut atas insiden kecelakaan kerja yang terjadi beberapa bulan lalu menimpa Ahmad Junaidi, warga Desa Pondok Kelor, Kecamatan Paiton pada Sabtu (17/6/2023) lalu saat sedang mengoperasikan Bobcat kemudian tercebur ke laut hingga tewas.

Bupati LSM LIRA Kabupaten Probolinggo Samsudin mengatakan, tujuan dari somasi ini untuk meminta pertanggung jawaban pihak PT PLN Nusantara Power atas terjadinya kecelakaan kerja hingga menelan korban jiwa. Iya menduga kecelakaan itu lantaran adanya kelalaian.

“Dugaan kami, pihak PT PLN Nusantara Power ini mengabaikan protokol keselamatan dan kesehatan kerja. Sebenarnya ini merupakan somasi yang kedua yang layangkan kami tapi somasi dari kami ini diabaikan oleh PT PLN Nusantara Power,” kata Samsudin.

Pria asal Kecamatan Tiris ini, menilai pihak PT PLN Nusantara Power UP PLTU Paiton tidak serius menonaktifkan sejumlah pimpinan yang harus bertanggungjawab atas terjadinya kecelakaan kerja hingga menelan korban jiwa. Salah satunya dengan tidak ada tanggapan atas somasi pertama.

“Nyawa korban tidak bisa diselamatkan setelah jatuh ke laut, saat mengoperasikan bobcat yang masih dalam kondisi perbaikan. Apalagi diketahui korban memiliki riwayat sakit jantung, namun tetap dipekerjakan oleh SPV CHCB yakni Didit Heri Kurniawan,” tuturnya.

Trending

- Advertisement -
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini