5 Makanan Penyebab Sinusitis yang Harus Dihindari

Padang | AndoraNews: Makanan penyebab sinusitis biasanya mengandung zat tertentu yang dapat membuat gejala dari penyakit ini kambuh atau bertambah parah. Anda mungkin sering mengonsumsi makanan tersebut tetapi tidak menyadarinya.

Sinusitis merupakan peradangan pada sinus, yaitu rongga kecil yang menghubungkan saluran udara di dalam tulang tengkorak. Ketika menderita kondisi ini, penderita sinusitis akan mengalami pilek, hidung tersumbat, maupun nyeri di bagian wajah.

Ada beberapa cara untuk mencegah gejala sinusitis makin memburuk, seperti membilas hidung dengan air garam atau mengonsumsi obat dekongestan. Tak hanya itu, memperhatikan asupan makanan juga penting dilakukan karena terdapat beberapa jenis makanan penyebab sinusitis yang harus dihindari.

Beberapa Makanan Penyebab Sinusitis 

Beberapa jenis makanan bisa memicu reaksi alergi dan peradangan, sehingga membuat rongga sinus bengkak dan banyak menghasilkan lendir. Hal ini bisa membuat gejala sinusitis sering kambuh atau semakin parah.

Oleh karena itu, penderita sinusitis perlu menghindari beberapa makanan penyebab sinusitis berikut ini:

1. Keju

Keju merupakan salah satu makanan penyebab sinusitis yang perlu dihindari. Pasalnya, makanan dengan cita rasa gurih ini termasuk dalam produk olahan susu sapi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu sapi mengandung kasein yang dapat memicu alergi serta meningkatkan produksi dahak di saluran pernapasan. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi penderita sinusitis. Selain keju, produk olahan susu sapi lainnya yang perlu dihindari adalah mentega, yoghurt, dan es krim.

Bila Anda menderita sinusitis tetapi terbiasa mengonsumsi susu, Anda bisa mengganti susu sapi dengan jenis susu lainnya, seperti susu kedelai atau susu almond. Kedua jenis susu tersebut termasuk dalam jenis susu nabati yang tidak memiliki campuran susu sapi sedikit pun sehingga aman untuk dikonsumsi.

2. Permen

Permen mengandung gula tinggi yang bisa memicu kambuhnya sinusitis atau memperparah gejalanya. Ini karena konsumsi makanan penyebab sinusitis tersebut dapat membuat tubuh menerima asupan gula berlebih yang bisa mengganggu metabolisme dan memperparah peradangan di dalam tubuh.

Salah satu peradangan yang bisa terjadi atau bertambah parah akibat asupan gula berlebih adalah peradangan pada sinus. Dengan begitu, berbagai gejala sinusitis pun bisa kambuh atau bertambah parah.

Tak hanya permen, asupan gula berlebihan juga bisa terjadi akibat mengonsumsi beberapa makanan dan minuman lain, seperti cokelat, sereal, soda, teh manis, minuman berenergi, maupun jus kemasan. Berbagai jenis minuman dan makanan tersebut juga sebaiknya Anda hindari bila menderita sinusitis.

3. Sosis

Sosis terbuat dari daging olahan yang menggunakan histamin sebagai salah satu bahan tambahan dalam proses pembuatannya. Histamin adalah zat kimia yang diproduksi oleh sel darah putih untuk melawan alergi dan infeksi. Selain itu, zat tersebut juga bisa diperoleh dari konsumsi beberapa makanan.

Nah, penderita sinusitis disarankan untuk menghindari makanan penyebab sinusitis yang mengandung histamin, salah satunya sosis. Ini karena mengonsumsi sosis akan meningkatkan kadar zat histamin secara berlebihan sehingga tidak bisa dipecah dengan baik oleh tubuh.

Zat histamin yang tidak dipecah dengan baik akan menumpuk dan memicu terjadinya beberapa kondisi yang berhubungan dengan gejala sinusitis, seperti bersin, pilek, hidung tersumbat, dan kesulitan bernapas. Artinya, makin banyak kadar zat histamin di dalam tubuh, makin parah pula gejala sinusitis dapat terjadi.

4. Tomat

Tak hanya ditemukan dalam makanan olahan, histamin juga terkandung secara alami pada beberapa buah-buahan dan sayuran, salah satunya tomat. Dengan begitu, tomat menjadi makanan penyebab sinusitis yang sebaiknya dihindari untuk mencegah gejala penyakit tersebut menjadi kambuh atau bertambah parah.

Selain tomat, buah dan sayur lainnya yang juga mengandung histamin yang tinggi di antaranya adalah alpukat, pisang, terong, dan bayam.

5. Semangka

Semangka menjadi makanan penyebab sinusitis karena mengandung asam salisilat yang dapat memperburuk gejala dari penyakit tersebut. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa asam salisilat dapat memicu  efek samping berupa pilek, bersin, dan hidung tersumbat.

Berbagai efek samping tersebut tentunya berkaitan dengan sinusitis. Artinya, gejala sinusitis pada penderita yang mengonsumsi makanan dengan kandungan asam salisilat mungkin kambuh atau bertambah parah.

Asam salisilat juga terkandung pada beberapa jenis makanan lain, seperti buncis, stroberi, plum,gandum. Oleh karena itu, berbagai makanan tersebut sebaiknya juga dihindari jika mengalami sinusitis.

Selain menjaga asupan makanan, penderita sinusitis juga perlu menghindari paparan polusi atau asap rokok agar tidak memperburuk peradangan pada sinus.

Jika Anda sudah menghindari makanan penyebab sinusitis tetapi gejala dari penyakit tersebut tidak kunjung membaik atau bahkan disertai dengan gejala lain, seperti demam, sakit kepala, atau keluar lendir berwarna kuning dari hidung, periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

*AndNews/alodokter

Trending

- Advertisement -
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini